Situs Slot Online PKV aman terpercaya

Makanan yang harus dihindari bagi penderita maag 

 

bccbags - Gastritis adalah salah satu masalah pencernaan yang paling umum bagi banyak orang. Maag dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut bagian atas penderita dan muncul setelah makan atau minum.

Oleh karena itu, penderita maag disarankan untuk tidak makan sembarangan. Selain itu, ada beragam makanan yang sebaiknya dihindari bagi penderita maag.

1. Makanan pedas 

dr. Kevin Mak, seorang dokter dan kreator konten kesehatan, mengatakan makanan pedas sebaiknya dihindari bagi penderita maag. Paling tidak, Anda harus menghindari makanan jenis ini terlebih dahulu. Pasalnya, makanan pedas bisa meningkatkan kadar asam lambung.

Seringkali, efeknya dapat berkisar dari mual hingga mulas. Selain itu, makanan pedas dapat mengiritasi saluran pencernaan. Karena itulah, makanan ini menjadi salah satu makanan yang tidak baik bagi penderita maag. 

Makanan pedas bisa memicu peningkatan asam lambung,” kata Dr. Kevin Mac. 

2. Makanan asam  

Banyak jenis makanan asam, seperti jeruk, lemon, dan saus tomat, dapat memperparah kembalinya maag. Karena itu, jika Anda menderita maag, Anda harus membatasi asupannya terlebih dahulu.

Berbagai makanan asam bisa membuat maag kembali dan semakin parah. Jadi jika Anda mengalami maag, sebaiknya kurangi dulu asupannya.

Bagi pecinta buah, sebaiknya hindari makan buah yang manis. Berikut beberapa jenis buah yang harus dihindari: 

Nanas.
Jeruk.
 Tomat.
Lemon.
Jeruk Nipis.

3. Makanan atau minuman dengan kafein 

Makanan yang mengandung kafein, seperti cokelat, bisa memicu iritasi. Oleh karena itu, dapat menyebabkan peningkatan produksi asam lambung. Jika penderita sariawan mengkonsumsi kafein, sariawan dapat kembali atau gejalanya dapat memburuk.

Namun, jika Anda terpaksa mengonsumsi makanan berkafein, pastikan perut Anda tidak dalam keadaan kosong. Hal ini untuk menghindari kambuhnya maag secara tiba-tiba.

4. makanan berlemak 

Makanan lain yang harus dihindari penderita maag adalah makanan berlemak, seperti daging berlemak atau gorengan. Karena makanan jenis ini sulit dicerna. Karena itu, perut mudah meradang. Selain itu, makanan berlemak juga bisa memperparah sembelit dan diare. 

5. Produk susu 

Susu mengandung banyak laktosa dan lemak, sehingga sulit dicerna tubuh. Ketika laktosa tidak dapat dicerna dengan baik, gas yang dihasilkan berakhir di perut.

Hal ini dapat memperburuk gejala maag. Namun, itu tidak berarti Anda harus meninggalkan produk susu sepenuhnya. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi susu bebas laktosa atau rendah lemak, seperti susu almond.

6. Makanan manis 

Makanan dengan pemanis buatan diduga dapat menyebabkan maag. Ini karena rempah-rempah mempersulit tubuh untuk mencerna dan menyerap. 

Oleh karena itu, makanan ini dapat menyebabkan sakit perut. Makanan dengan pemanis buatan diduga dapat menyebabkan maag. Ini karena rempah-rempah mempersulit tubuh untuk mencerna dan menyerap. Oleh karena itu, makanan ini dapat menyebabkan sakit perut.

Selain itu, makanan manis seperti cokelat juga bisa menyebabkan asam lambung naik. Cokelat dapat memicu naiknya asam lambung karena mengandung bubuk kakao. Kakao memiliki sifat asam dan dapat mengendurkan katup sfingter. 

7. Makanan asin  

Makan terlalu banyak makanan asin dapat menyebabkan peningkatan asam lambung. Banyak penelitian menunjukkan bahwa makanan tinggi natrium dapat memicu refluks asam.

Akan ada efek garam dan asam lambung jika korban mengombinasikannya dengan makanan berlemak. Diperlukan lebih banyak penelitian tentang ini.

Namun, sebaiknya penderita maag membatasi asupan makanan asin untuk menghindari komplikasi yang tidak diinginkan. Itulah makanan yang harus dihindari penderita maag. 

Selain menghindari makanan di atas, Anda disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat seperti berhenti merokok, minum alkohol, dan ingat untuk mengelola stres dengan baik.