Situs Slot Online PKV aman terpercaya

Gagal Ginjal Akut Pada Anak Ternyata Bisa Terjadi

bccbags -  Batu ginjal dapat terjadi dengan cepat dan dapat mengancam jiwa. Orang tua atau orang dengan kondisi medis biasanya mengalami kondisi ini, namun tidak menutup kemungkinan gagal ginjal akut juga bisa terjadi pada anak-anak. 

Sebagai orang tua, penting untuk mengetahui penyebab, gejala, dan cara mengobati anak yang mengalami gagal ginjal. 

Penyebab Gagal Ginjal Akut Pada Anak

Gagal ginjal akut pada anak merupakan kondisi klinis ketika ginjal mengalami kerusakan atau fungsinya berkurang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kekurangan air, penyakit atau terhambatnya aliran urin. 

Gagal ginjal terjadi ketika ginjal tidak mampu mengatur air dan elektrolit. Penyakit ginjal akut sekarang disebut sebagai penyakit ginjal akut karena gagal ginjal memiliki sifat permanen.

Gagal Ginjal Akut Pada Anak Terbagi Menjadi Tiga Faktor

Penyebab gagal ginjal akut dibagi menjadi tiga faktor antara lain faktor predisposisi, yaitu faktor yang memperburuk fungsi ginjal sebelum ginjal dan penyebab tersering adalah syok hipovolemik, suatu kondisi terminasi air, mengurangi aliran darah ke ginjal. 

Penyebab gagal ginjal adalah karena kerusakan yang terjadi pada ginjal dan beberapa masalah yang secara langsung dapat menyebabkan kerusakan ginjal adalah toksin, methanol dan penyakit.

Penyebab pasca ginjal adalah suatu kondisi dimana ginjal mampu memproduksi urin dengan baik, tetapi alirannya melalui usus tersumbat, hal ini dapat dilihat pada tumor di perut bagian bawah yang menyebabkan retensi urin dan menyebabkan kerusakan ginjal. 

Diagnosis gagal ginjal akut pada anak dapat ditentukan dari haluaran urin dan/atau kreatinin serum. Anamnesis dan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan tambahan lainnya juga penting untuk melihat penyebab, perkembangan, risiko dan komplikasi yang timbul. 

Gagal ginjal akut pada anak sering disebabkan oleh cacat lahir seperti defisiensi pembentukan jaringan ginjal dengan atau tanpa obstruksi. Ada berbagai komplikasi yang menyebabkan gagal ginjal akut yang tidak segera ditangani, seperti penurunan kesadaran, kelebihan cairan dalam tubuh, kejang, dan gagal jantung. 

Gagal ginjal akut yang masih ringan dapat diobati dengan pengobatan rawat jalan. Seringkali, dokter akan menganjurkan untuk banyak minum air putih, memeriksa dan mengontrol kadar elektrolit dalam tubuh, serta mengobati penyebab gagal ginjal akut. 

Pada anak dengan gagal ginjal berat, anak akan memerlukan cuci darah untuk sementara waktu sampai fungsi ginjal kembali normal. 

Namun, dialisis akan selalu diperlukan jika kerusakan ginjal bersifat permanen. dr. Endang Lestari, Sp.A(K), dalam siaran langsungnya di Radio Kesehatan, Rabu (4/3/2021) menjelaskan bahwa untuk mencegah anak dari risiko penyakit ginjal, orang tua harus berhati-hati dalam memenuhi kebutuhan air anaknya. 

Perhatikan komposisi makanan yang dimakan (jangan makan makanan manis dan asin), cegah dehidrasi, terutama jika Anda mengalami diare atau muntah, mengurangi penyebaran penyakit, saran masalah buah-buahan genetik untuk mencegah penyakit ginjal keturunan, pendahuluan temuan. hipertensi dan diabetes pada anak. Jika anak memiliki penyakit ginjal, obati dan pantau secara teratur.